Rabu, 05 April 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)




 














                                    Mata Pelajaran          : GEOGRAFI
                                    Kelas                           : XI
                                    Semester                     : GENAP
                                    Kompetensi Dasar     : 3.2
                                    Materi Pokok             : persebaran jenis-jenis fauna di Indonesia dan dunia




Disusun Oleh :


Suparjo Rustam   2015057128





PPG SM-3T  PENDIDIKAN GEOGRAFI
JURUSAN GEOGRAFI
FAKULTAS ILMU SOSIAL
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                   : SMA Negeri  Semarang
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : XI/ Ganjil
Materi Pokok                          : persebaran jenis-jenis fauna di Indonesia dan dunia
Alokasi Waktu                        : 1 Pertemuan / 2 JP (90 Menit)

A.    Kompetensi Inti

KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

KD
Indikator
3.5 Menganalisis sebaran fauna dan fauna di Indonesia dan dunia berdasarkan karakteristik ekosistem

1.      Mengklasifikasikan Fauna di dunia
2.      Mengklasifikasikan Fauna di Indonesia
3.      Menjelaskan persebaran Fauna di dunia
4.      Menjelaskan persebaran Fauna di Indonesia



C.  Tujuan Pembelajaran

Pertemuan keempat

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1)        Peserta didik dapat mengklasifikasikan Fauna di dunia berdasarkan kedudukan benua
2)        Peserta didik dapat mengklasifikasikan Fauna di Indonesia berdasarkan garis wallace dan webber
3)        Peserta didik dapat menyebutkan persebaran fauna di dunia
4)        Peserta didik dapat mencontohkan fauna di dunia serta persebarannya
5)        Peserta didik dapat mendeskripsikan karakteristik fauna di dunia berdasarkan persebarannya
6)        Peserta didik dapat menyebutkan persebaran fauna di Indonesia
7)        Peserta didik dapat mencontohkan fauna di dunia serta persebarannya
8)        Peserta didik dapat mendeskripsikan karakteristik fauna di Indonesia berdasarkan persebarannya


D. Metode Pembelajaran

1.      Metode penampilan

E.  Media dan Bahan

Petunjuk:

1.      Media
a.       Power Poin        : tentang persebaran Fauna di dunia dan Indonesia
b.      Gambar              : contoh tentang persebaran Fauna di dunia dan Indonesia
c.       Video                 : tentang persebaran Fauna di dunia dan Indonesia

2.      Alat
a.         Leptop
b.        LCD Proyektor
c.         Papan tulis
d.        ATK

F.  Sumber Belajar

Petunjuk:

1.      Buku referensi              :Samadi. 2007. Geografi untuk SMA/MA Kelas X. Bogor:
2.      Buku referensi              :Wardiyatoko, K. 2014. Geografi untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga.


G. Langkah-langkah Pembelajaran

     Pertemuan Pertama         : 90 Menit/Pertemuan
Pendekatan                         : Berbasis Proses Keilmuan (Saintifik)
Model Pembelajaran           : Example non example


Kegiatan
Aktivitas Pembelajaran
Pendahuluan (5 menit)
·         Guru memberikan salam kepada peserta didik
·         Peserta didik berdoa untuk mengawali proses pelaksanaan pembelajaran dipimpin oleh satu peserta didik
·         Guru memeriksa kehadiran peserta didik agar terkondisi suasana pembelajaran, ketertiban dan kesiapan peserta didik untuk melaksanakan pembelajaran yang akan berlangsung
·         Guru melakukan apersepsi:
Tuhan yang maha esa telah menciptakan aneka ragam tumbuhan dan hewan dimuka bumi,mari kita mensyukuri atas ciptaan tersebut bayangkan apabila tidak ada tumbuhan dan hewan di kehidupan kita,apa yang akan terjadi jika tidak ada? Kehidupan di bumi ini kita tidak terlepas dari interaksi dengan tumbuhan dan hewan tersebut!
Pernahkah anda berkunjung di taman nasional? Atau ketika anda berkunjung di rumah-rumah teman kalian yang memiliki berbagai hewan dan tumbuhan,Banyak perbedaan tumbuhan dan hewan disana. Persebaran tumbuhan dan hewan di muka bumi ini tidak merata.
Mari kita saksikan tayangan video ini (video tentang persebaran fauna).
Artinya, disuatu wilayah ditemukan jenis tumbuhan dan hewan tertentu,sedangkan di daerah lainnya, hewan dan tumbuhan tersebut tidak ditemukan. Mengapa hal tersebut terjadi seperti tayangan divideo tadi?
Faktor apa saja yang mempengaruhi persebaran hewan yang ada di muka bumi.
Mari kita bersama-sama mempelajarinya atas rasa syukur kita terhadap ciptaan tuhan yang maha esa tersebut agar kita tahu dan menghargainya.
·         Guru menyampaikan pokok materi, indikator dan tujuan yang akan dicapai serta menyampaikan lingkup penilaian yaitu spritual, pengetahuan, keterampilan dan teknik penilaian tugas terstruktur maupun tidak.

Inti (75 menit)
·      Persiapan



·      Menstimulus/pemberian rangsang



·      Mengidentifikasi masalah




·      Mengumpulkan data




·      Pengolahan Data




·      Pembuktian


·      Kesimpulan
Mengamati,
·         Guru menjelaskan secara singkat mengenai materi “persebaran fauna di dunia dan di Indonesia“ melalui media power poin dan video
·         masing masing Peserta didik mengamati materi “persebaran fauna di dunia dan di Indonesia” yang disajikan oleh guru melalui tayangan media slide power poin dan video
·         peserta didik memahami klasifikasi fauna di dunia dan di Indonesia serta persebarannya di dunia dan di Indonesia.

menanya,
·         Guru melakukan tanya jawab kepada  Peserta didik“Apa saja yang kalian ketahui tentang faktor-faktor klasifikasi fauna di dunia dan di Indonesia ada di slide power poin maupun tayangan Video?”
·       Setiap peserta didik mendiskripsikan  karakteristik fauna di dunia dan di Indonesia berdasarkan persebarannya” berdasarkan tayangan media slide power poin dan video yang ditayangkan

Mengumpulkan informasi,
·         Peserta didik mengumpulkan informasi tambahan tentang:
1)      persebaran fauna di dunia dan di Indonesia serta contohnya dari masing-masing persebaran
2)      karakteristik fauna di dunia dan di Indonesia berdasarkan persebarannya

menganalisi
·         Guru menampilkan contoh gambar yang sedang dibahas dalam materi dan contoh gambar yang tidak dibahas dalam materi di LCD Proyektor.
·         Peserta didik diarahkan untuk mengamati gambar tersebut dan menganalisisnya berserta memberikan diskripsi mengenai apa yang ada dalam gambar itu.
·         Guru memberikan waktu maksimal sebanyak 3 menit untuk menganalisis serta mendiskripsikan gambar-gambar tersebut, serta guru membimbing dan mengkontrol jalannya kegiatan pembelajaran
·         Guru tidak hanya menampilkan satu gambar saja,namun banyak sehingga peserta didik bisa memahami dari materi persebaran fauna di dunia dan di Indonesia

Menginformasikan
·         Guru memanggil peserta didik secara acak untuk melakukan presentasi hasil pengamatan,analisis,serta diskripsi dari gambar yang sudah di tampilkan dalam LCD Proyektor
·         Setiap peserta didik yang dipanggil segera maju kedepan untuk melaporkan atau mengkomunikasikan hasil pengamatan, analisis, serta diskripsi dari gambar yang sudah di tampilkan dalam LCD Proyektor persebaran fauna di dunia dan di Indonesiamelalui presentasi di depan kelas.
·         Peserta didik lain diberi hak untuk menanggapi baik dengan pertanyaan maupun pernyataan terkait presentasi Peserta didik di depan kelas.
·         Apabila ditemukan pertanyaan-pertanyaan yang tidak termasuk dalam tujuan pembelajaran maka guru akan menyimpan dan dijelaskan pada pertemuan selanjutnya.

Penutup (10 menit)
·         Melalui hasil kegiatan Example Non Example ,guru menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan
·         Guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberikan beberapa soal berupa kuis untuk mengetahui pemahaman materi selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
·         Guru memberitahukan kegiatan belajar yang akan dikerjakan pada pertemuan berikutnya, yaitu tentang “konservasi flora dan fauna
·         Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan memotivasi peserta didik dan kemudian mengakhiri dengan memberikan salam kepada peserta didik




H.    Penilaian Pembelajaran

a.      Penilaian Sikap (terlampir)
b.      Penilaian Pengetahuan (terlampir)
Ø  Kuis
Ø  LKPD



                                                               Semarang, Maret 2017
Mengetahui,
Kepala SMAN  Kota Semarang                                 Guru Mata Pelajaran Geografi



………………                                                                 ………………

Tidak ada komentar: