Sabtu, 06 Mei 2017

Pendaftaran PPG Reguler Tahun 2017


PPG adalah singkatan dari Pendidikan Profesi Guru.

PPG ini adalah program jurusan untuk ditempa menjadi guru profesional di tingkat sekolah SD, SMP, SMA/SMK.

PPG itu bermacam-macam. Ada PPG Portofolio, PPG PLPG, PPG SM-3T.

Menurut pengetahuanku, PPG Portofolio dan PPG PLPG sudah tidak dipakai lagi. Yang masih dipakai sekarang adalah PPG SM-3T.

Nah, seiring berjalannya waktu PPG yang akan datang adalah PPG Reguler. PPG Reguler ini adalah mirip seperti jurusan yang ada dikampus pada umumnya dan mahasiswanya adalah umum.

Tujuan Program PPG ini adalah untuk meningkatkan standar pendidikan di Indonesia.

Setelah lulus Program PPG ini, maka peserta yang mengikuti program PPG ini akan mendapatkan sertifikat Profesi. Sertifikat Profesi ini nantinya akan menjadi syarat untuk mendapatkan tunjangan sertifikasi.

Peserta yang lulus PPG ini akan mendapat gelar akademik Gr. (Guru). Contoh Rindi Nainggolan, S. Kom, Gr.

Waktu kuliah PPG Reguler ini adalah ditempuh selama 2 semester.

Peserta PPG Reguler ini akan menanggung biaya kuliahnya sendiri, tidak seperti PPG SM-3T yang di biayai oleh pemerintah.

Bila skema peserta PPG Reguler yang menanggung biaya kuliahnya, kemungkinan biaya uang kuliah PPG 2017 ini kisaran antara 3-7 Juta per semester.

Namun, tidak tertutup kemungkinan bahwa kuliah PPG Reguler ini dibiayai oleh pemerintah dan peserta PPG Reguler tidak perlu membayar uang kuliah.

Rencananya, untuk bisa ikut mengambil kuliah PPG Reguler ini pemerintah akan mengadakan seleksi.

Syarat-syarat utama untuk mendaftar PPG Reguler ini adalah lulusan D-IV atau Sarjana (Baik lulusan Kependidikan maupun Non Kependidikan).

Jurusan yang dibuka dalam Program Pendidikan PPG Reguler ini adalah jurusan bidang studi yang ada di sekolah SD, SMP, SMA dan SMK.

Kampus mana saja yang membuka PPG Reguler?
Kampus yang membuka program PPG Reguler 2017 sampai dengan saat ini belum diputuskan, apakah hanya kampus negeri saja atau swasta. Yang pasti katanya, penyelenggara PPG Reguler ini adalah kampus yang berakreditasi minimal B.

PPG Reguler diwacanakan akan dibuka pada tahun 2017. Belum diketahui pasti apakah jadi buka tahun 2017 ini.

Bila pemerintah dan Instansi terkait telah sepakat PPG Reguler akan dibuka tahun 2017 ini, maka jadwal pendaftaran PPG Reguler siap untuk dibuka.

Semoga saja tahun ini PPG 2017 siap digelar. Jika seleksi pendafaran PPG Reguler 2017 telah dibuka, maka segera lakukan pendaftaraN

Tidak ada komentar: